PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP DESAIN PADA OBJEK BANGUNAN DAN SOSIAL MEDIA
Nama: Muhammad Geva Mahardika
NPM: 202246500167
Kelas: R4C
Literatur Review
Kajian Minat
PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP DESAIN PADA OBJEK BANGUNAN DAN SOSIAL MEDIA
Pembahasan
Telah banyak kita temui rupa-rupa konsep suatu rancangan. Pada pembahasan ini akan merujuk pada Prinsip Desain Bangunan dan Sosial Media. Dari kaca mata saya pribadi tentu menjadi suatu hal yang kurang enak dipandang jika Desain yang digunakan pada struktur dan dekorasi hiasan bangunan masih menggunakan konsep jadul yang tidak terlalu mengedepankan estetika. Di era sekarang yang makin canggih tentunya tidak lepas dari penggunaan sosial media yang terdapat refrensi visual dalam membuat desain dengan ide yang kekinian. Maka dari itu banyak tempat yang minim pengunjung, yang paling tidak hanya mendatangi tempat tersebut hanya untuk kepentingan saja. Interpretasi saya dalam bermasyarakat segala hal yang di bangun atau di peruntukkan untuk rakyat adalah untuk mensejahterakan rakyat. Suatu tempat perlu di lakukan perhatian lebih perihal fasilitas yang perlu dibuat kekinian seiring berkembangnya jaman. Di jaman sekarang suatu tempat yang terlihat estetik lebih menyita perhatian khusus pada tiap kalangan, karena ingin merasakan suatu pengalaman ditempat tersebut. Tidak lepas dari itu semua strategi pemasaran tentunya sangat penting dengan poster, flyer, billboard, brosur yang tentunya dengan Desain yang menarik. Pijakan awal itu semua adalah dari sosial media yang selalu tidak lepas dari diri kita.
Tujuan dari Literatur Review ini dimaksudkan untuk memberi jalan keluar dalam menyelesaikan masalah Desain jadul yang tidak terlalu memikirkan estetika.
Penggunaan Sosial Media tentunya sangat berhubungan erat dengan refrensi Desain yang sudah merebak luas dari berbagai individu dan komunitas yang tidak sungkan membagikan tata cara serta pengerjaannya sampai pengeksekusiannya. Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju dari tahun ke tahun. Hal ini menjadikan informasi juga semakin mudah diakses. Dengan adanya teknologi pada ponsel yang semakin berkembang, aplikasi dalam ponselpun ikut berkembang. Salah satunya adalah pada aplikasi sosial media. Berdasarkan survei yang diambil dari databoks.katadata.co.id, dari populasi masyarakat Indonesia pada Januari 2019 sebanyak 268,2 juta jiwa, pengguna aktif media sosial telah mencapai 150 juta pengguna. Hal ini menandakan bahwa ada lebih dari 50% penduduk Indonesia adalah pengguna media sosial. Melihat besarnya potensi pengguna media sosial di Indonesia saat ini, beberapa pihak ternyata mulai memanfaatkannya. Salah satunya untuk kepentingan beriklan dan memasarkan produk melalui berbagai macam platform media sosial. Selain untuk kepentingan beriklan, kini media sosial juga mulai banyak digunakan oleh perusahaan/instansi untuk mengenalkan atau meningkatkan citra diri perusahaan/instansi mereka ke masyarakat umum. Adapun untuk menunjang perkembangan jaman, serta beberapa lansia yang tidak terlalu begitu melek akan Sosial Media bisa menjadi suatu hal yang juga sulit untuk bisa mendalami apa yang ada didalamnya juga, edukasi secara tatap muka dan memberi arahan dengan detail menjadi jalan yang tepat. Bukan diajarkan menggunakan Sosial Media tapi untuk lebih ke aktualisasi dilapangan dengan dibantunya beberapa teknologi yang menunjang efisiensi mereka dalam mengerjakan pekerjaannya. Pekerja yang umurnya masih mudalah yang membantu berjalannya pekerjaan dilapangan, dengan memberikan gambaran contoh Desain yang akan digunakan pada bangunan yang akan di bangun, menggunakan laptop serta moodboard contoh Desain dekorasi yang cocok atau tepat pada pengaplikasiannya. Dari Sosial Media sangat membantu dalam peranan teknologi dan informasi untuk suatu hal yang baru, ditambah suatu hal yang akan diaplikasikan juga tidak dapat dilihat bagus menurut mata kepala kita saja, tapi untuk orang banyak. Perkembangan teknologi informasi akan terus berevolusi dan mengalami perubahan setiap waktunya. Mulai munculnya produk teknologi yang semakin canggih akan terus semakin mengedepankan kegunaan dan keefektifitasan. Penemuan teknologi baru akan menjadi semakin maju tanpa mengubah konsep dari teknologi lama. Teknologi memudahkan manusia untuk mendapatkan informasi. Beberapa teknologi yang memudahkan manusia yaitu, internet. Kemajuan teknologi melahirkan berbagai macam jenis media sosial, diantaranya, Twitter, Facebook, Instagram, Path, Line, Youtube, dan lain-lain. Instagram merupakan salah satu aplikasi yang memiliki beberapa fitur yang menarik, diantaranya membagikan foto dan video, sekaligus mengambil foto dan video, menerapkan atau menggunakan filter digital dan membagikan ke berbagai jejaring sosial lainnya. Penggunaan Instagram memudahkan untuk menyebarluaskan informasi melalui fitur-fitur yang ada tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.
Metode
Tujuan penelitian secara teoritis merupakan usaha yang dilakukan untuk mengetahui satu hal. Metode penelitian dapat memberikan gambaran rancangan berdasarkan langkah dari data-data yang selanjutnya diolah dan dianalisis. Penggunaan metodologi Penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan berbagai kondisi, situasi atau variable yang timbul di masyarakat yang menjadi objek penelitian tersebut. Penelitian kualitatif memiliki bentuk penelitian yang menitik beratkan pada kajian teks maupun nonteks. Menurut (Dr. Farida Nugrahani 2014) Pendekatan kualitatif diakui sebagai alternatif metodologi yang layak untuk digunakan dalam memperoleh hasil dari pengetahuan dengan penggalian data dilakukan secara deskriptif dan penelusuran fakta yang lebih mendalam. Karakterisitik penelitian kualitatif memberikan peluang bagi para peneliti dalam menemukan pemaknaan dari beberapa perspektif. Maka, pada kasus penelitian ini memiliki relevansi dengan prinsip-prinsip metode kualitatif.
Kesimpulan
Penerapan Prinsip Desain Komunikasi Visual dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Berikut adalah keterkaitan antara penerapan prinsip desain komu-nikasi visual dan kebutuhan informasi:
Keterbacaan dan Keterjangkauan Prinsip Desain Komunikasi Visual yang memastikan teks dan elemen visual mudah dibaca dan diakses secara visual dapat membantu pemenuhan kebutuhan informasi. Dengan menggunakan huruf yang tepat, gaya tulisan yyang jelas, kontras yang baik antara teks dan latar belakang, serta penempatan yang strategis, informasi dapat dengan mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca. Hal ini membantu untuk memastikan bahwa informasi dan pesan yang disampaikan dapat diterima dan dimengerti dengan baik. Penggunaan Warna dan Visualisasi Data Penerapan prinsip desain terkait penggunaan warna dan visualisasi data dapat memperkaya presentasi informasi. Warna yang dipilih dengan bijak dapat membantu menyoroti poin-poin penting atau kategori yang berbeda, sementara visualisasi data, seperti grafik atau diagram dapat membantu menyajikan informasi kompleks secara lebih mudah dipahami dan diingat. Hal ini membantu dalam pemenuhan kebutuhan informasi dengan menyediakan visualisasi yang efektif dan memperkuat pemahaman informasi yang disampaikan.
Konsistensi dan Identitas Visual Prinsip desain yang menekankan konsistensi dan identitas visual membantu membangun kesan yang kohesif dan mudah diingat. Dalam konteks kebutuhan informasi, penggunaan elemen desain yang konsisten seperti logo, tipografi dan warna dapat membantu dalam pengenalan merek atau sumber informasi. Ini membantu para pembaca mengidentifikasi dan mengaitkan informasi dengan sumber yang tepat, memudahkan untuk mengakses dan memperoleh informasi yang relevan.
Daftar Pustaka
Studi penerapan prinsip-prinsip desain pada masjid noor banjarmasin
Kajian dekoratif interior pembatas ruang dengan media tanaman hias pada rumah tinggal dengan pendekatan sustainabele desain
Penerapan prinsip desain komunikasi visual pada instagram @kpudiy guna memenuhi kebutuhan informasi
Comments
Post a Comment